We Are Designers Contacts
acuityhub
What We Found
Dominasi Kota Besar Dan Generasi Z Dalam Belanja Online

Perkembangan Internet di Indonesia mendorong perubahan perilaku masyarakat, salah satu pola perubahan yang terasa adalah cara masyarakat dalam berbelanja. Jika dahulu cara berbelanja hanya dilakukan dengan mengunjungi pasar dan toko secara langsung, maka sejak beberapa tahun terakhir masyarakat Indonesia mulai mengenal dan dekat dengan berbelanja secara online.

 

Sebelum market place seperti  Lazada, Tokopedia hingga Bukalapak muncul, tren berbelanja online dilakukan oleh kalangan terbatas dan lebih dulu dimulai di beberapa forum online seperti Forum Jual Beli (FJB) Kaskus ataupun forum jual beli online lainnya, beberapa member Kaskus bahkan menawarkan Rekening Bersama demi kenyamanan dan keamanan proses transaksi, nantinya pembeli akan mengirimkan pembayaran ke nomor Rekening Bersama dengan menambahkan nominal tertentu sebagai biaya menggunakan Rekening Bersama. Setelah barang diterima, pemilik Rekening Bersama akan mengirimkan uang kepada penjual barang.

 

Kehadiran platform e-commerce yang menawarkan keamanan dalam bertransaksi, keberagaman barang, kemudahan dalam melakukan pembayaran, hingga pilihan layanan jasa pengiriman barang membuat masyarakat Indonesia menjadikan berbelanja online sebagai salah cara baru dalam berbelanja.  Mengutip data dari Bank Indonesia transaksi e-commerce di Indonesia sepanjang tahun 2018 mencapai Rp 77,77 triliyun. Jumlah transaksi ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,94 Triliyun.

 

AcuityHub melakukan Survey consumer study di 14 kota sepanjang kuartal akhir 2018 sampai kuartal awal 2019, survey tersebut menunjukan 3 wilayah yang paling sering melakukan belanja online adalah DKI Jakarta sebesar 26,98%, diikuti Bodetabek dengan 18,85% dan Bandung sebesar 16,85%. Faktor dominasi kota kota besar dalam berbelanja online juga dipengaruhi oleh penetrasi internet yang masih terkonsentrasi di pulau Jawa, sebagaimana rilis dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet  Indonesia (APJII) menunjukan 55,7% pengguna internet di Indonesia masih didominasi oleh pengguna dari pulau Jawa.

 

Pada Survey consumer study yang dilakukan AcuityHub ini juga menunjukan aktivitas belanja online didominasi oleh masyarakat usia 15-24 tahun sebesar 45,2%, usia 25-35 tahun sebesar 37.1% dan usia 36-45 dengan 17.7%. Hal ini dapat disebabkan oleh kedekatan usia 15-35 tahun dengan perkembangan teknologi sehingga membuat rentang usia tersebut mendominasi aktivitas belanja online di Indonesia. AcuityHub